7 Rekomendasi HP Android Terbaik

7 Rekomendasi HP Android Terbaik – Saat ini, banyak merek HP Android yang bagus beredar di pasaran. Harga dan spesifikasinya pun bervariasi, dari 1–2 juta hingga 5 juta ke atas. HP Android dengan kamera yang unggul, punya RAM sebesar 8 GB, atau dibekali OS Android 13 terbaru, tentu lebih mahal.

Agar Anda mendapatkan HP Android yang sesuai dengan kebutuhan, kali ini kami akan menjelaskan cara memilihnya. Artikel ini telah ditinjau oleh  penggemar teknologi  kami, Deddy Huang. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi HP Android terbaik dari Samsung, OPPO, dan merek lainnya. Simak artikel ini sampai selesai!

Cara Memilih HP Android

Pertama-tama, kami akan membahas hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih HP Android. Mulai dari  chipset , kapasitas RAM dan ROM, hingga performa baterai, semuanya penting untuk dicek. Bacalah dengan saksama dan pilih HP Android yang sesuai untuk Anda.

 1. Untuk penggunaan sehari-hari, pilih HP dengan minimal RAM 6 GB dan ROM 128 GB

Random access memory (RAM) dan read-only memory (ROM) merupakan spesifikasi yang perlu diperhatikan pertama kali saat memilih HP Android. Makin besar kapasitas RAM, maka HP akan makin lancar dalam menjalankan aplikasi. Saat ini, kapasitas RAM yang disarankan agar lancar membuka aplikasi adalah 6 GB. Kapasitasnya kurang lancar untuk bermain game, tetapi sudah cukup untuk multitasking membuka beberapa aplikasi.

Jika Anda senang menyimpan file foto atau video, Anda juga perlu memperhatikan kapasitas ROM. Makin besar ROM, makin besar pula memori internal atau penyimpanan yang tersedia. Dengan begitu, HP Anda dapat menyimpan lebih banyak foto dan video. Oleh karena itu, pertimbangan HP dengan ROM berkapasitas 256 GB atau lebih. Namun, jika Anda rajin melakukan backup data, HP dengan memori internal 128 GB bisa dibilang sudah cukup.

2. Tak perlu pusing dengan chipset, kebanyakan HP modern sudah dibekali chipset yang mumpuni untuk penggunaan harian

Chipset berperan sebagai “otak” smartphone yang mengatur dan mengoordinasikan semua fungsi perangkat keras dan perangkat lunak. Meski demikian, bagi orang awam yang penggunaannya hanya sekadar untuk media sosial atau aplikasi standar, tipe chipset tidak terlalu berpengaruh. Untuk penggunaan yang biasa seperti itu, HP dengan chipset Helio dari MediaTek sudah cukup.

Untuk penggunaan berat, seperti bermain game, mengedit video, atau multitasking, dibutuhkan chipset dengan spesifikasi tinggi. Saat ini, chipset tertinggi HP Android adalah Snapdragon seri 8 Gen 1. Namun, semakin tinggi spesifikasi chipsetnya, semakin mahal pula harga HP-nya. Jika rasanya masih terlalu mahal, Anda bisa mempertimbangkan 1 atau 2 seri di bawahnya.

3. Cari kamera dengan optical zoom demi kemudahan mengambil gambar terbaik

Kualitas kamera HP sekarang sudah makin detail dan terang. Hasil pemotretan malam harinya juga sudah cukup tajam. Produsen HP juga memasukkan banyak fitur pada kameranya, seperti sudut lebar, potret, panorama, dan lainnya. Fitur-fitur ini memudahkan pemula mengambil gambar yang bagus.

Jika Anda memprioritaskan kualitas kamera pada HP, lihatlah jenis zoom yang digunakan, apakah zoom optik atau zoom digital. Saat melakukan zoom, kamera HP dengan optical zoom hasilnya masih tajam. Sementara itu, hasil zoom kamera HP dengan zoom digital biasanya pecah.

Di sisi lain, merek-merek HP memiliki hasil kamera dengan karakteristik tersendiri. Jika menginginkan gambar yang bagus, Anda bisa mempertimbangkan HP Samsung. Kamera dengan kontras yang tajam biasanya dimiliki oleh HP OPPO, Vivo, dan realme. Jika ingin hasil gambar yang lebih natural, pilihlah HP ASUS atau Google Pixel.

4. Untuk tampilan yang apik, gunakan HP dengan layar Full HD ke atas

Ketahui juga panel display dan resolusi layar HP-nya. Tingkatan panel tampilan dari level paling bawah itu ada LCD, IPS, kemudian yang paling tinggi adalah OLED atau AMOLED dari Samsung. Makin tinggi levelnya, Anda akan makin dimanjakan dengan visual yang menakjubkan. Untuk anggaran HP, pilihlah HP dengan panel IPS.

Resolusi layar menunjukkan tingkat kerapatan piksel dari gambar yang ditampilkan. Tingkatan resolusi layar HP mulai dari HD, Full HD, Full HD+, QHD, hingga UHD. Makin besar nilainya, makin tajam dan jelas juga tampilannya. Untuk kenyamanan menonton video dan streaming film, kami sarankan Anda memilih HP dengan resolusi layar minimal Full HD.

5. Gunakan baterai berkapasitas 5.000 mAh agar daya tahannya lama

Jangan lupa juga untuk melihat kapasitas baterai HP-nya. Makin besar kapasitas baterainya, makin lama HP bisa menyala, dan makin berat juga bobotnya. Saat ini, banyak HP memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh. HP dengan kapasitas segini udah bisa nyala belasan jam. Cukup satu kali pengisian daya, Anda bisa menggunakan HP seharian.

Usahakan juga untuk mencari HP yang sudah mendukung fitur fast charging. Bahkan sekarang sudah ada HP yang fast charging hingga 100 watt. Saat baterai hampir habis, hanya perlu waktu pengisian sekitar 30 menit dan baterai HP pun sudah bisa langsung penuh.

6. Demi kenyamanan penggunaan, periksa fitur-fiturnya: NFC, kelengkapan sensor, dan peringkat IP68

Ada beberapa fitur di HP Android yang memudahkan penggunaannya. Beberapa fitur HP yang populer, seperti NFC, sensor, dan  peringkat IP . Kali ini kami akan menjelaskan secara singkat fungsi dari fitur-fitur dari HP tersebut.

  • NFC  (komunikasi medan dekat) 

Untuk pengguna  smartphone  di kota besar, fitur NFC pasti akan dipakai.  Fitur NFC digunakan untuk memeriksa saldo dan isi ulang  e-money  atau  e-toll . Adanya fitur NFC membuat Anda tidak perlu repot-repot pergi ke minimarket atau ATM untuk mengisi ulang uang elektronik.

  • Sensor HP

Sensor membuat pemakaian HP menjadi lebih praktis. Adanya sensor sidik jari akan memudahkan Anda membuka HP dengan satu sentuhan. Kemudian, sensor  accelerometer  mampu mendeteksi gerakan saat bermain  game  dengan mengguncangnya. Selain itu, ada juga sensor untuk menolak panggilan dengan cara memindahkan  ponsel  ke bawah.

  • Sertifikasi IP68

Sertifikasi IP atau  peringkat  IP menunjukkan tingkat ketahanan HP terhadap udara dan debu . HP dengan tingkat perlindungan tertinggi memiliki  peringkat  IP68. Produknya tahan air hingga kedalaman tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Namun, bukan berarti HP bisa leluasa dibawa ke air, ya. Seiring berjalannya waktu, lapisan pelindung pada HP ini bisa terkikis dan hilang.

7. Untuk orang tua, pastikan HP memiliki interface yang mudah dipelajari dan menggunakan icon besar

Orang tua atau lanjut usia umumnya mengutamakan  antarmuka pengguna  dalam memilih HP Android.  Agar mudah dioperasikan, mereka membutuhkan HP dengan  antarmuka  yang simpel dengan ikon yang besar, termasuk  font  yang besar .

Contoh merek HP yang cocok untuk orang tua adalah Samsung. HP keluaran Samsung biasanya memiliki  pengaturan  untuk menampilkan  ikon  aplikasi dalam ukuran relatif besar. Ada pula penyesuaian ukuran  font  agar lebih ramah bagi lansia. Selain itu, pengaturan dan pengoperasian HP Samsung juga lebih simpel dari merek lain.

Updated: July 6, 2024 — 10:49 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *